Kamis, 19 Agustus 2010

Identifikasi Kebutuhan Pelanggan ( Materi Kls XII )

MENGENALI PELANGGAN

JENIS-JENIS PELANGGAN :
1. Pelanggan Internal
Yaitu orang-orang yang terlibat terlibat dalam proses produksi barang dan jasa yang dihasilkan suatu perusahaan atau organisasi

2. Pelanggan Eksternal
Yaitu orang-orang yang berada di luar organisasi suatu perusahaan yang memerlukan dan menerima barang/jasa dari perusahaan

TIPE-TIPE PELANGGAN
Menurut Johnstone terdiri dari :

1. Pelanggan Pria, Ciri-cirinya :
a. mudah terpengaruh bujukan penjual
b. sering tertipu karena tidak sabaran untuk memilih dulu sebelum membeli sesuatu
c. punya perasaan kurang enak jika memasuki toko tanpa membeli sesuatu
d. kurang begitu berminat untuk berbelanja sehingga terburu-buru mengambil keputu
san dalam membeli
e. mudah dipengaaruhi oleh nasehat yang baik, argumentasi yang objektif

2. Pelanggan Wanita, ciri-cirinya :
a. tidak mudah terbawa arus atau bujukan penjual
b. lebih tertarik pada warna dan bentuk,bukan pada kegunaannya karena wanita lebih
perasa daripada pria
c. menyenangi hal-hal yang romantis daripada yang objektif
d. mudah meminta pandangan, pendapat atau nasihat dari orang lain
e. kurang begitu tertarik pada hal-hal teknis dari barang yang akan dibelinya
f. senang berbelanja, sehingga sering kali sukar untuk cepat menentukan barang
yang akan dibelinya
g. cepat merasakan suasana toko

3. Pelanggan Remaja, ciri-cirinya :
a. Remaja mudah terpengaruh rayuan penjual
b. mudah terbujuk iklan, terutama pada kerapihan kertas pembungkus dan warna-warna
yang menarik
c. tidak berfikir hemat
d. kurang realistis dan romantis sehingga mudah terbujuk

4. Pelanggan Lanjut Usia , Ciri - ciri :
a. berfikir sesuai pandangan hidupnya. mereka sering beranggapan yang terpandai
penjual / orang yang melayaninya sering di anggap anak kecil yang tidak tahu
apa - apa
b. tidak mengikuti perkembangan jaman.
c. tidak terburu - buru dalam membeli barang dan senang berbincang - bincang
dahulu dengan pelanggan.
d. bertindak lamban dalam membeli.
e. bersikap tenang dan ramah.

5. Pelanggan pendiam, Disebabkan oleh :
a. merasa malu sehingga tidak memiliki keberanian untuk menyatakan pendapatnya
dengan jelas
b. kadanga kala pelanggan seggan berbicara karena mereka sedang memikirkan
sesuatu.
c. Biasanya jika pelanggan tidak fokus pada suatu barang sering menunjukan kesan
gugup.
d. Kurang mampu berbicara

6. Pelanggan yang suka berbicara, ciri - ciri :
a. banyak berbicara
b. Sering kali objek pembicaraan ngawur

7. Pelanggan yang ragu - ragu, disebabkan :
a. memang orangnya peragu
b. Kondisi keuangan
c. Baang yang akan di beli adalah untuk orang lain

8. Pelanggan yang suka membantah, ciri - ciri :
a. Menganggap dirinya paling pandai
b. Enggan mendengarkan penjelasan dan argumen orang lain
c. Suka membuat gaduh dan menganggu kenyamanan

9. Pelanggan yang sadar, ci - ciri :
a. Sudah mengetahui sebelumnya apa yang akan di beli
b. masuk ke toko dengan penuh keyakinan
c. menyatakan keperluanya dengan ringkas dan jelas
d. tidak membuang waktu unutk menentukan barang yang akan di beli
e. sulit untuk di pengaruhi karena sudah mempunyai pilihan yang jelas

10. Pelanggan yang curiga, disebabkan :
a. Pernah mengalami salah beli
b. Memang pada dasarnya ia orang yang selalu merasa curiganterhadap apa yang
di jumpainya

11. Pelanggan yang angkuh, Ciri - ciri :
a. Apa yang mreka lakukan sering berlebihan
b. Congkak
c. Mencoba memaksa untuk menjatuhkan harga barang
d. sering merendahkan orang lain

SIFAT PELANGGAN

Adalah tingkah laku, kebiasaan, tata cara yang ditunjukkan pada saat berhubungan dengan orang lain.

Sifat pelanggan antara lain :

1. pelanggan mau dianggap sebagai raja
2. pelanggan mau dipenuhi keinginan dan kebutuhannya
3. pelanggan tidak mau didebat dan tidak mau disinggung
4. pelanggan mau diperhatikan
5. pelanggan ingin selalu dipuji
6. pelanggan adalah sumber poendapatan perusahaan

GAYA PELANGGAN

Tiga gaya perilaku pelanggan adalah :

1. Pelanggan yang aserfatif/tegas
Ciri-cirinya :

a. langsung, singkat, dan dan langsung menuju permasalahan
b. cara berbicaranya cepat
c. memusatkan pada bisnis, tidak pada hubungan dan orang
d. berorientasi pada hasil
e. membutuhkan langkah yang cepat
f. biasanya tidak membutuhkan banyak rincian
g. membutuhkan pengendalian, tindakan dan hasil

2. Pelanggan yang fokus pada rincian
Ciri-cirinya :

a. kelihatan dingin ketika memburu informasi pendukung
b. tidak suka basa-basi
c. menccari informasi pendukung sebanyak-banyaknya
d. apabila kita tidak berbicara mengenai subjek yang menjadi minatnya, pelanggan
ini tidak akan menambah komentar demi kesopanan

3. Pelanggan yang berdasarkan pada hubungan
Ciri-cirinya :

a. menyukai ide untuk bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan masalah
b. menghindari konflik dan konfrontasi
c. mudah diajak bergaul dan bekerja sama
d. lebih mengerti daripada pelanggan yang asertif
e. tidak menyatakan ketidakpuasannya secara terbuka, tetapi kalau tidak puasbisa
begitu saja beralih ke produk lain.

Rabu, 18 Agustus 2010

Identifikasi Kebutuhan Pelanggan ( Materi Kls XII )

Pengertian Pelanggan

Dalam pengertian sehari-hari pelanggan adalah orang-orang yang kegiatannya membeli dan menggunakan suatu produk, baik barang maupun jasa, secara terus menerus. Pelanggan atau pemakai suatu produk adalah orang-orang yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan perusahaan-perusahaan bisnis. Adapun pihak-pihak yang berhubungan dan bernegosiasi Dengan perusahaan-perusahaan bisnis sebelum tahap menghasilkan produk dinamakan pemasok.

Dilihat dari segi perbaikan kualitas, definisi pelanggan adalah setiap orang yang menuntut pemberian jasa (perusahaan) untuk memenuhi suatu standar kualitas pelayanan tertentu, sehingga dapat memberi pengaruh pada performansi (performance) pemberi jasa (perusahaan) tersebut. Dengan kata lain, pelanggan adalah orang-orang atau pembeli yang tidak tergantung pada suatu produk, tetapi produk yang tergantung pada orang tersebut. Oleh karena pelanggan ini pembeli atau pengguna suatu produk maka harus diberi kepuasan.

Secara garis besarnya terdapat tiga jenis pelanggan, yaitu pelanggan internal, pelanggan perantara, dan pelanggan eksternal. Ketiga jenis pelanggan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut.

a. Pelanggan internal

Pelanggan internal (internal costumer), adalah orang-orang atau pengguna produk yang berada di dalam perusahaan dan memiliki pengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan.

Berdasarkan keanggotaannya, pelanggan internal ada dua macam, yaitu pelanggan internal organisasi dan pelanggan internal pemerintah.

Pelanggan internal organisasi
Adalah setiap orang yang terkena dampak produk dan merupakan anggoata dari organisasi yang menghasilkan produk tersebut.

Pelanggan internal pemerintah
Adalah setiap orang yang terkena dampak produk dan bukan anggota organisasi penghasil produk, tetapi masih dalam lingkungan atau instansi pemerintah.

b. Pelanggan perantara

Pelanggan perantara (intermediate costumer) adalah setiap orang yang berperan sebagai perantara produk, bukan sebagai pemakai. Komponen distributor, seperti agen-agen Koran yang memasarkan Koran, atau toko-toko buku merupakan contoh pelanggan perantara.
Misalnya Penerbit Armico Bandung menerima pesanan buku dari toko buku untuk dijual kepada siswa SMK maka dalam hal ini Penerbit Armikco bertindak sebagai pemasok, toko buku sebagai pelanggan perantara, dan siswa SMK sebagai pelanggan akhir atau pelanggan nyata (real costumer).

c. Pelanggan eksternal

Pelanggan eksternal (external costumer), adalah setiap orang atau kelompok orang pengguna suatu produk (barang/jasa) yang dihasilkan oleh perusahaan bisnis. Pelanggan eksternal inilah yang berperan sebagai pelanggan nyata atau pelanggan akhir.

INFO SERTIFIKASI

Info Beasiswa S1 S2 S3

My Photos