Jumat, 23 Juli 2010

PROFESSIONAL IMAGE FOR SECRETARY + BEUATY CLASS

Sebagai seorang sekretaris, kita perlu menjaga image yang professional, meliputi behaviour, beauty, dan brain. Hal ini bukan saja diperlukan di dalam internal perusahaan, namun terutama juga dalam berinteraksi dengan relasi bisnis atau customer. Setelah mengikuti program ini, diharapkan para peserta dapat memiliki etikadan penampilan yang lebih baik, sehingga dapat mencerminkan citra positif perusahaan.

Materi bahasan:

1. Behaviour (EQ)

a. Self Analysis:
• Mengenali potensi yang ada dalam diri pribadi
• Menyadari kelebihan & kekurangan
• Mampu mengembangkan kelebihan & kekuatan

b. Personal Power:
• Trilogi Keyakinan
• 7 Kekuatan utama manusia
• Mewujudkan 7 kekuatan utama manusia melalui Self Power

c. Positive Mental Attitude & Percaya Diri

d. Self Management
• Komponen manajemen diri
• Membangun Visi & Misi Kehidupan

2. Beauty (GQ)

a. Kesehatan
• Kenalilah tubuh anda
• 4 Sumber energi
• Menjaga kebersihan

b. Grooming
• 3 tips berbusana
• 3 fungsi asesoris

c. Business Etiquette

3. Brain (IQ)

a. Wawasan yang luas
b. Berkembang bersama informasi

4. Beauty Class:

Perawatan berkala, demo perawatan (scrub hingga masker), demo
tata rias pribadi, praktek tata rias pribadi.

Metode pelatihan: Pembahasan konsep, quiz, latihan

Target peserta: Sekretaris
C&G Training Network

Kamis, 22 Juli 2010

KAS KECIL ( Materi Kls XII )

PRAKTIK MENGELOLA KAS KECIL

Tujuan Umum : Para calon sekretari memahami dan mampu mengelola Kas Kecil secara profesional

Tujuan Khusus : Setelah mengkaji materi ini Kamu dapat :
(1) menjelaskan peranan kas kecil di perusahaan,

(2) mendefinisikan kas kecil;

(3) Tugas sekretari dalam kas kecil,

(4) mengelola kas kecil

A. Dana Kas Kecil

Agar dapat diawasi dengan baik, semua penerimaan uang dalam sebuah perusahaan langsung
disetorkan ke bank dan semua pengeluaran uang dilakukan dengan check.
Dalam praktik tidak semua pengeluaran uang dapat dilakukan dengan check. Pengeluaran dalam jumlah kecil sperti ongkos taksi, membeli gula, kopi atau nasi bungkus, biasanya tidak dapat dilakukan dengan check karena tidak praktis.

Untuk mengatasi hal demikian maka perusahaan menyisihkan sejumlah uang tertentu yang disebut dana kas kecil yang dipegang oleh seseorang yang ditunjuk sebagai kasir. Jenis dan jumah pengeluaran uang tertentu yang telah ditetapkan dapat dilakukan melalui dan kas kecil. Jika dana kas kecil telah menyusut jumlah minimum tertentu, kasir/sekretaris pemegang kas mengajukan permintaan penggantian. Walaupun belum sampai pada batas minimum, tiap akhir bulan kasir/sekretaris pemegang kas kecil harus membuat pertanggungjawaban pengeluaran uang dari dana kas kecil yang dikelolanya. Perlu diingat bahwa penerimaan uang dari manapun sumbernya tidak boleh diterimakan melalui kas kecil, sumber satu-satunya kas kecil adalah dari bank.

B. Pengertian Kas dan Kas Kecil

Kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas dipergunakan untuk membiayai
kegiatan umum perusahaan. Kas dapat berupa uang tunai atau simpanan pada Bank
yang dapat segera dan diterima sebagai alat pembayaran sebesar nominalnya.

Yang termasuk kas :

�� Uang kertas dan logam
�� Check dan bilyet giro
�� Simpanan di bank dalam bentuk giro
�� Traveler’s cheque : check yang dikeluarkan untuk perjalanan
�� Money Order : surat perintah membayar sejumlah uang tertentu berdasarkan keperluan
pengguna
�� Cashier’s order : check yang dibuat oleh bank, untuk suatu saat dicairkan di bank itu juga
�� Bank draft : check atau perintah membayar dari suatu bank yang mempunyai rekening di
bank lain, yang dikeluarkan atas permintaan seseorang atau nasabah, melalui penyetoran
lebih dulu di bank pembuat.

Yang tidak termasuk kas :

�� Past dated check (cek mundur)
�� Certificate of deposito (deposito berjangka)
�� Notes (wesel/promes)
�� Marketable securities (surat-surat berharga)
�� Kas yang disisihkan untuk tujuan tertentu dalam bentuk dana, misalnya untuk pembayaran
deviden , pelunasan pinjaman obligasi.

Dari uraian di atas, maka kas mempunyai kriteria sebagai berikut :

�� Diakui secara umum sebagai alat pembayaran yang syah
�� Dapat dipergunakan setiap saat diperlukan
�� Penggunaannya bersifat bebas
�� Dikirim sesuai dengan nilai nominalnya

Ilmu Sekretari 2

Kas Kecil (Petty cash) adalah kas yang digunakan untuk melakukan pembayaran atas
pengeluran-pengeluaran kecil/rutin perusahaan/instansi dan meliputi jumlah yang relatif kecil.
Kas kecil biasanya digunakan untuk membiayai hal-hal yang sifatnya rutin dan relatif kecil,
misalnya dibawah Rp 5.000.000,- sedangkan kas besar biasanya digunakan untuk melakukan
semua penerimaan kas dan pengeluaran kas yang jumlahnya relatif besar, misalnya hutang dagang, biaya gaji, pembelian barang/alat berat dan lain-lain.

C. Tugas Sekretaris Dalam Mengelola Kas Kecil

Salah satu tugas sekretaris adalah mengelola kas kecil. Kas kecil bagi sekretaris digunakan
untuk mendanai pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil seperti dana konsumsi,
parkir, prangko, pembersih lantai, pembersih kaca, transpor mengantar surat, atau uang makan
sopir dalam perjalanan.
Untuk mengelola Kas kecil maka yang perlu dilakukan oleh sekretaris adalah :

1. Sekretaris harus dapat mengatur/merencanakan penggunaan dana kas kecil dan membuat
catatan keuangan atas segala pengeluaran kas kecil sebagai bahan pertanggungjawaban
keuangan untuk dibukukan oleh bagian keuangan perusahaan.
2. Uang sebaiknya disimpan dengan aman. Ditaruh di peti uang, setiap tutup kantor peti uang
disimpan di lemari besi atau di laci meja dengan dikunci secara aman.
3. Segala pengeluaran harus ada bukti-bukti pengeluaran (dokumen lengkap) yang dapat
dipertanggungjawabkan serta sah menurut hukum. Bagi sekretaris yang penting hanya
bukti-bukti pengeluaran, setelah akhir bulan semuanya terkumpul, dibuatkan laporan petty
cash dan barulah bagian keuangan dapat membukukannya dalam kas perusahaan.
Setiap hari bukti pengeluaran dicatat dan diberi nomor urut, jangan menunda pekerjaan
pencatatan agar terhindar dari kekeliruan perhitungan. Bukti-bukti pengeluaran seperti
kwitansi, atau bon kontan dihimpun dan disimpan sebaik-baiknya.

Senin, 19 Juli 2010

BANK SOAL ( Perjalanan Bisnis ) Kls XII

STANDAR KOMPETENSI : MEMPROSES PERJALANAN BISNIS

Pilih salah satu jawaban yang paling benar !

1. Surat yang dibuat oleh perusahaan atau kantor pemerintah yang memberikan informas mengenai penugasan pimpinan untuk melakukan perjalanan dinas disebut ...
A. Surat dinas C. Paspor E. yellow card
B. Surat tugas D. Visa

2. Visa yang biasa dipakai oleh seorang yang berkunjung ke negara lain beberapa kali tanpa harus memperbarui visa disebut ...
A. single exit C. double entry E. Multiple entry
B. single entry D. triple entry

3. Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh seorang warga negara (pimpinan) yang akan bepergian ke luar negeri untuk mengurus paspordan visa diantaranya ...
A. KTP, Ijazah terakhir, SK, rekening telepon
B. KTP, KK, Ijazah, pas foto, surat tugas, SKCK
C. KTP, KK, sertifikat, rekening listrik
D. KTP, slip gaji, surat tugas
E. KTP, piagam, SKCK, Kartu merah

4. (1.) Menyiapkan berbagai dokumen
(2.) Memastikan tujuan kepergian pimpinan
(3.) Membuat laporan perjalanan dinas
(4.) Menyiapkan tiket pesawat, penginapan, dan keuangan
Urutan prosses kerja sekretaris dalam menyiapkan perjalanan dinas pimpinan adalah ...
A. 1-2-3-4 C. 2-1-4-3 E. 1-4-2-3
B. 1-3-2-4 D. 2-1-3-4

5. (1.) Melakukan klarifikasi nama, alamat, dan nomor telepon semua perusahaan yang akan dikunjungi
(2.) Melakukan klarifikasi nama dan kedudukan semua orang yang akan ditemui melakukan klarifikasi semua informasi tentang transakasi dengan perusahaan dan semua urusan yang sedan ditangani menentukan waktu keberangkatan dan lama perjalanan
(3.) Menentukan jenis transportasi yang akan digunakan
Kegiatan diatas dilakukan sekretaris ketika melakukan persiapan kegiatan untuk ...
A. Perjalanan bisnis direksi D. Pertemuan rapat
B. Pertemuan dengan pelanggan E. Perjalanan keluarga
C. Melakukan negosiasi

6. (1.) SIM, STNK,KTP, Sertifikat asuransi dan lain sebagainya
(2.) Peta kota yang dilalui hingga sampai di kota tujuan dan rencana rute yang mungkin digunakan
(3.) Informasi mengenai kondisi cuaca yang akan dilewati
(4.) Konfirmasi mengenaipemesanan hotel
(5.) Persiapan rencana perjalanan termasuk janji temu, rapat yang harus diikuti, nomor telepon dan alamat semua perusahaan yang akan dikunjungi
Syarat-syarat diatas adalah persiapan yang dilakukan untuk melakukan perjalanan dinas melalui ...
A. Laut C. Udara E. Kereta Api
B. Darat D. Kapal

7. Ada empat cara syarat yang diperlukan dalam memilih hotel/penginapan. Satu syarat yang tidak diperlukan adalah ...
A. Jarak tempat seminar/rapat dipilih yang tidak terlalu jauh dari penginapan
B. Keadaan hotel/penginapan harus nyaman
C. Hotel harus dilengkapi fasilitas yang biasa ada di hotel
D. Biaya penginapan
E. Mewah dan lux

8. Kartu yang dikeluarkan oleh bank, hotel, biro perjalanan atau badan lain yang memberikan hak kepada pembawa untuk memperoleh barang/jasa dalam batas nilai tertentu menurut persyaratan yang ditetapkan disebut ...
A. Credit Card C. Yellow Card E. Visa
B. Surat tugas D. Paspor

9. Alat pembayaran yang jarang dipakai selama mengadakan perjalanan dinas adalah ...
A. Uang C. Traveller's cheque E. Emas
B. Credit Card D. Letter of credit

10. Berikut yang bukan merupakan syarat-syarat untuk melakukan perjalanan dinas dengan pesawat terbang adalah ...
A. dapatkan tiket pesawat terbang
B. carilah keterangan dari pelabuhan udara mana pimpinan akan berangkat, serta dengan cara apa pimpinan harus pergi kamana
C. dapatkan mata uang asing, Traveller's Cheque dan buat surat kredit bepergian
D. carilah keterangan dari pelabuhan dan dermaga mana pimpinan akan berangkat
E. periksa apakah koper yang dibawanya tidak melebihi batas maksimum

11. Dalam membuat daftar janji temu yang disepakati paling sedikit sekretaris harus membuat 4 rangkap.Pihak yang tidak harus menerima tembusan daftar janji temu adalah ...
A.pimpinan
B.wakil pimpinan
C.kolega yang akan ditemui
D.pihak keluarga dari pimpinan
E.sekretaris

12. fungsi dari daftar janji temu adalah ...
A.mendapatkan kepastian waktu kunjungan
B.memperoleh kepastian waktu keberangkatan
C.mendapatkan kepastian waktu untuk shopping
D.memastikan waktu bepergian ke pantai
E.menghindari benturan acara dengan pihak pengelola hotel

13. Alat pembayaran semacam cek yang diciptakan untuk orang yang bepergian dan dapat diuangkan pada bank tertentu disebut ....
A.Credit Card C.surat tugas E.Visa
B.Traveller's Cheque D.Yellow Card

14.bentuk yang bukan merupakan fungsi atau manfaat Credit Card adalah ...
A.mempermudah pembayaran (flexible)
B.mengurangi pengeluaran uang kas (cash)
C.mendapatkan barang dengan cara cepat dan efesien
D.menambah prestise pemiliknya
E.menambah keinginan untuk selalu berbelanja

15.Selama pimpinan melakukan perjalanan dinas,sekretaris tetap melakukan pekerjaan kantor seperti biasanya.Berikut yang bukan termasuk kegiatan sekretaris adalah ...
A.menanyakna kepada pimpinan hal-hal apa saja yang bisa dan tidak bisa dikerjakan
B.memproses surat-surat yang ada selama pimpinan tidak berada ditempat
C.memberi tahu pimpinan tentang tamu,baik yang berkunjung maupun yang menelepon
D.melakukan rekreasi bersama rekan kerja satu kantor
E.melaporkan pada pimpinan perihal perubahan-perubahan yang terjadi selama ia tidak berada di tempat

16. (1 ) Menetapkan jadwal bagi tugas-tugas kerja utama tersebut dengan suatru perkiraan tanggal atau waktu penyelesaian masing-masing.
(2) Menafsirkan kerangka acuan.
(3) Membuat suatu daftar tentang tugas-tugas kerja utama yang harus dilakukan (prioritas).
(4) Memilahkan dan menilai material sewaktu material itu sedang dihimpun.
(5) Merancang, menulis, dan menyempurnakan laporan.
(6) Menghimpun bahan sesuai dengan jadwal itu.
(7) Menilai dan mengatur ssetelah semuanya terhimpun.
Urutan-urutan langkah-langkah pokok dalam menyusun sebuah laporan menurut
A.E. Darbyshire yang benar adalah ...
A. 1-2-3-4-5-6-7 C.2-3-1-6-4-7-5 E.3-2-1-4-5-7-6
B. 1-3-2-4-7-5-6 D.2-3-4-1-6-7-5
17.berikut yang tidak termasuk proses kegiatan pimpinan dalam menyusun laporan adalah ...
A. pimpinan menyusun garis besar laporan
B. pimpinan membuat konsep laporan dalam tulisan tangan atau dengan mendikte sekertaris
C. pimpinan memeriksa pekerjaan sekertaris
D. pimpinan mengubah dan memperbaiki lagi dan sekertaris akan mengetik untuk terakhir
kalinya
E. pimpinan mengolah materi
18.secara garis besar , yang tidak termasuk kedalam isi dari laporan pertanggung jawaban adalah ...
A. pendahuluan
B. garis besar kegiatan yang di laporkan
C. isi laporan (rincian kegiatan secara kronologis dan biaya yang telah di keluarkan sebagai
pertanggung jawaban)
D. daftar kepustakaan
E. evaluasi dan penutup/kesimpulan
19.(1) laporan keuangan
(2) bahan bahan referensi
(3)lain-lain
Unsur-unsur di atas merupakan kegiatan membuat laporan pada bagian ...
A. pelengkap C. pembuka E. penutup
B. indeks D. isi
20.Berikut ini yang bukan termasuk bahan laporan perjalanan dinas adalah ...
A. keuangan
B. hasil pertemuan dengan partner bisnis
C. tujuan melakukan perjalanan dinas
D. rencana dan kesempatan untuk mengadakan liburan keluarga
E. evaluasi yang berisi mengenai hambatan dan kemungkinan peluang bisnis.

PERJALANAN BISNIS PIMPINAN ( Materi Kls XII )

PRAKTIK MENGATUR
JADWAL KEGIATAN PIMPINAN

Tujuan Umum : Para calon sekretari memahami dan mengatur kegiatan
pimpinan secara profesional

Tujuan Khusus : Setelah mengkaji materi ini Kamu dapat :

(1) menjelaskan pentingnya pimpinan dibuatkan jadwal kegiatan;
(2) mempersiapkan jadwal kegiatan pimpinan

Jadwal Kegiatan Pimpinan adalah segala jadwal kegiatan pimpinan yang memerlukan kehadirannya diluar rutinitas kantor yang dilakukan di balik meja kerja kantor.

Jadwal kegiatan harus diperhitungkan secermat mungkin mengingat pimpinan sarat dengan kegiatan yang tidak mungkin mengahadiri dan melaksakan semua kegiatan.

Untuk itu Sekretaris harus mampu mengatur jadwal kegiatan menggunakan skala prioritas, yaitu berdasarkan :

urutan surat masuk dan berdasarkan tingkat kepentingannya.

Agar tertib kegiatan pimpinan buatlah jadwal kegiatan disusun dalam jangka waktu tertentu,
misalnya harian, mingguan dan bulanan.

Praktik :

Hari ini, Senin 21 Oktober 2006 Terdapat beberapa tugas dan acara yang akan dikerjakan oleh
pimpinan. Aturlah kegiatan pimpinan tersebut dalam Agenda kerja pimpinan (Jadwal Kegiatan
Pimpinan) selama satu minggu pada formulir yang telah disediakan :

1. Senin, 21 Oktober 2006 , pukul 8.00-09.30 rapat staf di ruangan pimpinan
2. Senin, 21 Oktober 2006 , pukul10.00 – 12.00, menerima tamu Ibu Dwi Puspita untuk
membicarakan kontrak kerjasama.
3. Senin, 21 Oktober 2006, 13.00 – 15.00, menemui undangan Kepala SMK Negeri 1
Samarinda dalam rapat pembentukan Majelis Sekolah, kembali ke kantor sekitar pukul
15.30, kembali ke kantor kurang lebih jam 16.00
4. Bapak Felianus, Direktur PT Kumaha ingin bertemu pimpinan besok jam 08.00
5. Selasa, 22 Oktober 2006, pukul 08.00 – 16.00, mengikuti Seminar sehari di Hotel Benakutai, Balikpapan., tidak kembali ke kantor
6. Rabu, 23 Oktoberl 2008, pukul 08.00-10.00, mendengarkan laporan hasil Survei lapangan
dari Ibu Maria Ulfah
7. Rabu, 23 Oktober 2006, pukul 10.00 menerima telepon dari Miss. Sakuku Rata dari
Sunkan, Jakarta
8. Rabu, 23 Oktober 2006, pukul 13.00-15.00, bertemu dengan Bapak Yose Sutomo direktur
PT Sumber Platina, kembali kekantor kurang lebih pukul 16.00
9. Rabu, 23 Oktober 2006 19.00 – 22.00 ada pertemuan KADIN dan acara ramah tamah
dengan Walikota Samarinda di Hotel Senyiur
10 Kamis, 24 Oktober 2006, pukul 08.00-09.30 pertemuan dengan Koordinator PSG SMK
Negeri 1 Samarinda Bapak Falah Y, membicarakan masalah Praktik Industri
11 Kamis, 24 Oktober 2006, pukul 09.00-12.00 membicarakan perluasan usaha di Tenggarong
dengan Ibu Sunarsih.
12. Jum’at, 25 Oktober 2006, pukul 08.00-11.00 persiapan pengiriman ekspor Souvenir Khas
Kaltim ke AS ke kantor Deperindag.
13. Sabtu, 26 Oktober 2006, pukul 08.00 - 13.00 acara Turnamen Golf antar pengusaha
daerah Kaltim di Lapangan Golf Tanah Merah, tidak kembali ke kantor.


PT Mahakam Trade
Jl. Dr. Soetomo 105 Telp. (0541) 741995 Facs. (0541) 741995
Samarinda

JADWAL KEGIATAN PIMPINAN

No Hari,Tanggal Jam Kegiatan Tempat
(1) ( 2 ) ( 3 ) ( 4 ) ( 5 )







Samarinda, ________________ 200
Sekretaris,



____________________

Minggu, 18 Juli 2010

DASAR KOMPETENSI KEJURUAN

STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendeskripsikan administrasi perkantoran
1.2 Mendeskripsikan fungsi pekerjaan kantor dalam organisasi
1.3 Mengidentifikasi pekerjaan kantor
1.4 Mengidentifikasi sarana dan prasarana administrasi perkantoran
1.5 Mengidentifikasi persyaratan personil administrasi perkantoran

STANDAR KOMPETENSI
2. Mengaplikasikan keterampilan dasar komunakasi

KOMPETENSI DASAR
2.1 Mengidentifikasi proses komunikasi
2.2 Menerima dan menyampaikan informasi
2.3 Memilih media komunikasi
2.4 Melakukan komunikasi melalui telepon.

STANDAR KOMPETENSI
3. Menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan

KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendeskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
3.2 Menyediakan bantuan kepada pelanggan di dalam dan di luar organisasi
3.3 Memelihara standar penampilan pribadi
3.4 Menerapkan bekerja dalam tim.

STANDAR KOMPETENSI
4. Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup(K3LH)

KOMPETENSI DASAR
4.1 Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja(k3)
4.2 Melaksanakan prosedur k3
4.3 Menerapkan konsep lingkungan hidup
4.4 Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.

KOMPETENSI KEJURUAN

STANDAR KOMPETENSI
1. Mengoperasikan aplikasi prangkat lunak.

KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendeskripsikan aplikasi prangkat lunak
1.2 Mengoperasikan aplikasi prangkat lunak dalam mengolah dokumen/naskah.

STANDAR KOMPETENSI
2. Mengoperasikan aplikasi presentasi

KOMPETENSI DASAR
2.1 Mendeskripsikan aplikasi presentasi
2.2 Menggunakan aplikasi presentasi untuk mengolah bahan informasi

STANDAR KOMPETENSI
3. Mengolah peralatan kantor

KOMPETENSI DASAR
3.1 Melakukan prosedur pengadaan peralatan kantor
3.2 Menggunakan peralatan kantor
3.3 Memelihara peralatan kantor.

STANDAR KOMPETENSI
4. Melakukan prosedur administrasi

KOMPETENSI DASAR
4.1 Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor
4.2 Melakukan surat-menyurat
4.3 Menata dokumen.

STANDAR KOMPETENSI
5. Menangani penggandaan dokumen

KOMPETENSI DASAR
5.1 Memilih jenis penggandaan dokumen yang sesuai
5.2 Melakukan penggandaan dokumen
5.3 Mendistribusikan dokumen.

STANDAR KOMPETENSI
6. Menangani surat/dokumen kantor

KOMPETENSI DASAR
6.1 Mengidentifikasi jenis-jenis surat/dokumen
6.2 Memproses surat / dokumen
6.3 Mendistribusikan surat / dokumen
6.4 Memproses e-mail

STANDAR KOMPETENSI
7. Mengelolah sistem kearsipan

KOMPETENSI DASAR
7.1 Menentukan sistem kearsipan
7.2 Menentukan kebutuhan alat dan bahan kearsipan
7.3 Mengumplementasikan sistem kearsipan
7.4 Memelihara sistem kearsipan

STANDAR KOMPETENSI
8. Membuat dokumen

KOMPETENSI DASAR
8.1 Membuat catatan dikte untuk menghasilkan naskah/dokumen
8.2 Mengidentifikasi kebutuhan dokumen
8.3 Membuat dokumen
8.4 Memproduksi dokumen

STANDAR KOMPETENSI
9. Memproses perjalanan bisnis

KOMPETENSI DASAR
9.1 Mendeskripsikan perjalanan bisnis
9.2 Melaksanakan penanganan perjalanan bisnis.

STANDAR KOMPETENSI
10. Mengelola pertemuan/rapat

KOMPETENSI DASAR
10.1 Mempersiapkan pertemuan/rapat
10.2 Menyelenggarakan pertemuan/rapat
10.3 Membuat catatan hasil pertemuan/rapat
10.4 Mendistribusikan hasil pertemuan/rapat.

STANDAR KOMPETENSI
11. Mengelola Dana Kas Kecil

KOMPETENSI DASAR
11.1 Memepersiapkan administrasi kas kecil
11.2 Membukukan mutasi dan selisih dana kas kecil
11.3 Mendokumentasikan bukti-bukti kas kecil

STANDAR KOMPETENSI
12. Memberikan pelayanan kepada pelanggan

KOMPETENSI DASAR
12.1 Mendeskripsikan pelayanan prima
12.2 Mengidentifikasikan pelanggan dan kebutuhannya
12.3 Memberikan pelayanan kepada pelanggan

STANDAR KOMPETENSI
13. Mengelola data dan informasi

KOMPETENSI DASAR
13.1 Mengumpulkan data /informasi
13.2 Melakukan pengelolaan data/informasi

STANDAR KOMPETENSI
14. Mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja

KOMPETENSI DASAR
14.1 Melaksanakan tata persuratan dan kearsipan
14.2 Melaksanakan administrasi kepegawaian/ketenagaan
14.3 Melaksanakan administrasi keuangan
14.4 Melaksanakan administrasi sarana dan prasarana

INFO SERTIFIKASI

Info Beasiswa S1 S2 S3

My Photos